Selasa, 09 Juni 2015

Pemeliharaan Media Pembelajaran



MAKALAH
PEMELIHARAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Makalah ini Di Ajukan Untuk Memenuhi Tugas Dari
Mata Kuliah Media Pembelajaran PGSD
Dosen : Bpk. Muhammad Noor, S.Pd.




Disusun oleh :
Putri Sonia Dwi Lestari
NIM.  126223074
Semester 6
Konsentrasi Matematika
         

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH KUNINGAN
2015


 
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan pada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta Karunia-Nya sehingga penyusun berhasil menyelesaikan tugas makalah Media Pembelajaran PGSD yang menjelaskan tentang Pemeliharaan Media Pembelajaran tepat pada waktunya.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang media pembelajaran dari berbagai sumber dan dapat dipelajari isinya oleh para pembaca. Penyusun menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran dari semua kalangan yang bersifat membangun makalah selanjutnya.
Akhir kata, penyusun ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal hingga akhir. Serta kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

Kuningan,     Februari 2015


PENYUSUN
 


BAB I

PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Media pembelajaran adalah suatu bagian yang integral dari proses pembelajaran di   kelas. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan media pembelajaran baik sebagai alat bantu pengajaran maupun sebagai pendukung agar materi/isi pelajaran semakin jelas dan dengan mudah dapat dikuasai siswa.
Dalam proses pembelajaran terdapat tiga komponen yang saling berhubungan, yaitu:
1.    guru yang berfungsi sebagai komunikator,
2.    siswa yang berperan sebagai komunikan, dan
3.    bahan ajar yang merupakan pesan yang akan disampaikan kepada siswa untuk dipelajari.
Penggunaan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk dapat membantu mengatasi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran termasuk hambatan psikologis, hambatan fisik, hambatan kultural dan hambatan lingkungan. Secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan untuk memperjelas penyajian pesan, mengatasi keterbatasan ruang, dan mengatasi sikap pasif siswa.

B... Rumusan Masalah
1.    Bagaimana pemeliharaan media pembelajaran?
2.    Bagaimana kriteria dalam pemeliharaan media pembelajaran?
3.    Apakah fungsi dalam pemeliharaan media pembelajaran?

C.   Tujuan Penulisan
1.    Untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah ‘Media Pembelajaran PGSD’.
2.    Untuk mengetahui pemeliharaan media pembelajaran.
3.    Untuk mengetahui kriteria dalam pemeliharaan media pembelajaran.
4.    Untuk mengetahui fungsi dalam pemeliharaan media pembelajaran.

D.   Manfaat Penulisan
1.    Bagi penyusun makalah ini bermanfaat sebagai bukti fisik telah melaksanakan tugas Mata Kuliah ‘Media Pembelajaran PGSD’.
2.    Bagi penyusun makalah ini bermanfaat sebagai sarana untuk menambah pengetahuan tentang media pembelajaran.








BAB II
PEMBAHASAN
A... Pemeliharaan Media Pembelajaran
Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Secara sederhana apa yang dimaksud dengan media dapat dikelompokkan dalam dua pengertian. Pengertian pertama dikatakan bahwa media adalah segala yang dapat digunakan untuk menyampaikan atau memperjelas pesan pembelajaran, dan pengertian yang kedua adalah media yang dirancang secara khusus untuk mencapai tujuan atau kompetensi pembelajaran tertentu.
Penggunaan media secara rutin membutuhkan pemeliharaan yang baik, pemeliharaan ini dilakukan sesuai dengan karakteristik media dengan berbagai komponennya. Kriteria pemeliharaan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat khasnya (karakteristik) media yang bersangkutan. Pemilihan media seyogyanya tidak terlepas dari konteksnya bahwasanya media merupakan komponen dari sistem instruksional secara keseluruhan. Karena itu, meskipun tujuan dan isinya sudah diketahui, faktor-faktor lain seperti karakteristik siswa, strategi belajar mengajar, organisasi kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur penilaiannya harus dipertimbangkan.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai pemeliharaan beberapa media yang sering digunakan dalam pembelajaran di sekolah, yakni:
1.    Media Berbasis Manusia
Media berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan
untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Sistem ini
tentu dapat menggabungkan dengan media visual lain.
2.    Media Grafis
Media grafis sangat dipengaruhi oleh kelembaban udara yang dapat mengakibatkan pelapukan dan pengotoran, oleh karenanya media ini harus:
ü Ditempatkan pada ruangan yang kadar air dalam udaranya rendah, sejuk serta bebas dari debu.
ü Menempatkan media pada tempat tertutup atau dibungkus dengan bahan plastik sehingga tidak dimakan ngengat.
ü Sebaiknya selalu tergantung pada tempat penyimpanan (tidak tertindih).
3.    Media Rekam
a.    Pita Magnetik
ü Ditempatkan jauh dari bahan-bahan yang mengandung magnet.
ü Ditempatkan pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk.
ü Menempatkannya pada kotak pembungkus.
b.    Disket
ü Setelah selesai digunakan selalu dibersihkan permukaannya dengan cairan pembersih.
ü Menempatkannya pada kotak pembungkus.
ü Ditempatkan pada tempat yang sejuk.
c.    Film
ü Menempatkannya pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk.
ü Menempatkan pada kotak penyimpanan.
d.   Flashdisk
ü Setelah selesai digunakan selalu dibersihkan dengan antivirus.
ü Jika tidak digunakan top cupnya harus selalu terpasang.
4.    Media Transparansi
ü Antar transparansi harus diberi kertas pelapis
ü Ditempatkan pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk
5.    Objek Fisik
ü Ditempatkan pada rak yang jaraknya cukup jauh sehingga tidak bersentuhan.
ü ketika diangkat dari tempat peletakannya.
ü Ditempatkan pada ruangan yang sejuk.
ü Upayakan catnya selalu terjaga.
6.    Media cetak
Materi pembelajaran berbasis cetakan yang paling umum dikenal adalah buku teks, buku penuntun, jurnal, majalah, dan lembaran lepas.
ü Ditempatkan pada rak dengan posisi tegak di ruangan yang sejuk
ü Pada rak hendaknya diberi anti ngengat.

7.    Multimedia Projector
ü Dalam menginstalasi projector sebelum digunakan, sebaiknya posisi projector dan komputer (atau media lainnya) dalam keadaan mati, hindari pemasangan komputer pada projector dalam keadaan menyala, atau juga sebaliknya. Kalau komputer yang lebih dulu menyala, maka sebaiknya komputer di restart untuk kemudian dipasang dan baru dinyalakan lagi.
ü Pada saat mematikan projector, dapat menggunakan remote dengan menekan tombol on/off, ditekan dua kali sehingga muncul pertanyaan turn off your projector? Kemudian tekan, maka lampu akan mati.
ü Perhatian! dalam mencabut saluran listrik dari projector,lampu projector harus sudah berwarna merah, yang menunjukan siap untuk dimatikan (standby).Ingat dalam keadaan aktif lampu indikator dalam projector berwarna hijau. Jangan sekali-kali mencabut listrik sementara lampu masih menyala atau kipas blower yang ada dalam projector masih aktif. Kesalahan dalam mematikan projector ini akan berakibat putusnya lampu projector.
ü Lensa projector yang berada di depan harus dalam keadaan bersih. Cara membersihkannya dapat menggunakan bahan spon (kain lembut) yang tidak mengandung banyak lemak, hindari sentuhan langsung dengan tangan tanpa diberi alas.
ü Untuk menghindari lensa tidak cepat kotor atau terhindar dari benturan, maka sebaiknya selain dalam keadaan digunakan tutup lensa dalam keadaan tertutup. Tutup lensa biasanya agak kurang diabaikan sebab ukurannya kecil tetapi fungsinya cukup tinggi, maka untuk menghindari supaya tutup lensa itu tidak hilang gunakanlah tali yang menghubungkan antara tutup lensa dengan tali.
ü Pada setiap LCD projector terdapat ventilasi udara yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara yang keluar dan masuk. Sirkulasi ini diatur oleh blower yang ada di dalam LCD. Oleh sebab itu, pastikan ventilasi selalu dalam keadaan bersih dari kotoran atau debu dan juga biarkan terbuka jangan ditutupi oleh apapun misalnya lakban, solasi dll.
ü Untuk pengamanan saat membawa LCD, tidak sembarangan menggunakan tas, tetapi menggunakan tas yang didesain khusus sehingga apabila terjadi benturan kondisi LCD dapat terjaga, tas yang baik untuk LCD biasanya dilapisi dengan busa yang agak tebal.
ü Pada saat melipat kabel LCD atau kabel komputer sebaiknya tidak terlalu menukik atau terlelu berlipat, buatlah lipatan kabel agak besar. Cara melipat kabel ini akan mempengaruhi kekuatan kabel, jika lipatannya terlalu kecil maka serat yang ada di dalam kabel tersebut akan cepat rusak bahkan bisa putus yang berakibat tidak normalnya kondisi LCD Projector
ü Kerusakan LCD Projector pada umumnya sering terjadi diakibatkan karena mati listrik secara mendadak pada saat projector sedang bekerja (menyala). Untuk mengatasinya sebaiknya koneksi listrik sebaiknya menggunakan Stabilizer untuk menyimpan arus listrik sementara, sehingga apabila listrik mati masih sempat untuk mematikan secara normal.

B.   Fungsi Pemeliharaan Media Pembelajaran
Kegunaan media dalam pembelajaran adalah sebagai berikut :
1.    Media mampu memberikan rangsangan yang bervariasi dan mengurangi kecenderungan verbalis.
2.    Media dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh siswa.
3.    Media dapat mengatasi keterbatasan fisik dan lingkungan belajar (ruang kelas) :
a.    objek yang terlalu besar atau terlalu kecil,
b.    gerakan-gerakan yang terlalu cepat atau lambat,
c.    objek yang terlalu kompleks, dan
d.   objek yang terlalu jauh atau sukar dijangkau (geografis).
4.    Media memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya.
5.    Media menghasilkan keseragaman pengamatan (menyatukan tanggapan).
6.    Media membangkitkan keinginan dan minat baru.
7.    Media membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar.
8.    Media memberikan pengalaman yang integral/ menyeluruh dari sesuatu yang kongkrit maupun abstrak.
9.    Media memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk belajar mandiri, pada tempat dan waktu serta kecepatan yang ditentukan sendiri.
Dengan kegunaan media pembelajaran tersebut, maka fungsi dari pemeliharaan media pembelajaran sangat penting, agar media tersebut dapat digunakan dengan keadaan yang baik. Suatu media yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal.



















BAB III
PENUTUP
A... Kesimpulan
Penggunaan media secara rutin membutuhkan pemeliharaan yang baik, pemeliharaan ini dilakukan sesuai dengan karakteristik media dengan berbagai komponennya. Kriteria pemeliharaan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat khasnya (karakteristik) media yang bersangkutan. Pemilihan media seyogyanya tidak terlepas dari konteksnya bahwasanya media merupakan komponen dari sistem instruksional secara keseluruhan.
Dengan kegunaan media pembelajaran yang kita ketahui, maka fungsi dari pemeliharaan media pembelajaran sangat penting, agar media tersebut dapat digunakan dengan keadaan yang baik. Suatu media yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal.








Daftar Pustaka
https://hrpnawiblog.wordpress.com/2013/04/03/penggunaan-dan-perawatan-media-pembelajaran/
http://blogevaluasin.blogspot.com/2014/06/prinsipfungsi-dan-kriteria-dalam.html

 

1 komentar:

  1. Hotel Casino Lake Tahoe - Mapyro
    The Lake Tahoe Hotel & Casino in Stateline 남양주 출장마사지 is an ideal spot for 원주 출장샵 exploring Lake Tahoe. The hotel is located 의정부 출장샵 on Stateline Road 김천 출장샵 just a few blocks 포항 출장마사지 from

    BalasHapus