MAKALAH
PEMELIHARAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Makalah ini Di Ajukan Untuk Memenuhi Tugas Dari
Mata Kuliah Media Pembelajaran PGSD
Dosen : Bpk. Muhammad Noor, S.Pd.

Disusun
oleh :
Putri
Sonia Dwi Lestari
NIM. 126223074
Semester 6
Konsentrasi Matematika
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH
KUNINGAN
2015
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan pada
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta Karunia-Nya
sehingga penyusun
berhasil menyelesaikan tugas makalah Media Pembelajaran PGSD
yang menjelaskan tentang Pemeliharaan Media Pembelajaran
tepat pada waktunya.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas
ilmu tentang media pembelajaran
dari berbagai sumber dan dapat dipelajari isinya oleh para pembaca. Penyusun menyadari dalam
pembuatan makalah ini
masih banyak kekurangannya, oleh karena itu penyusun
mengharapkan kritik dan saran dari semua kalangan yang bersifat membangun
makalah selanjutnya.
Akhir kata, penyusun
ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal hingga akhir. Serta kami
berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.
Kuningan, Februari 2015
PENYUSUN
A. Latar Belakang
Media pembelajaran adalah suatu bagian yang integral
dari proses pembelajaran di kelas. Untuk mencapai hasil belajar
yang maksimal, guru harus
mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan media pembelajaran baik sebagai alat
bantu pengajaran maupun sebagai pendukung agar
materi/isi pelajaran semakin jelas dan dengan mudah dapat dikuasai siswa.
Dalam proses pembelajaran terdapat tiga komponen yang
saling berhubungan, yaitu:
1.
guru yang
berfungsi sebagai komunikator,
2.
siswa yang
berperan sebagai komunikan, dan
3.
bahan ajar yang merupakan pesan yang
akan disampaikan kepada siswa untuk
dipelajari.
Penggunaan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk
dapat membantu mengatasi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran termasuk
hambatan psikologis, hambatan fisik, hambatan kultural dan hambatan lingkungan.
Secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan untuk memperjelas
penyajian pesan, mengatasi
keterbatasan ruang, dan mengatasi
sikap pasif siswa.
B... Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana pemeliharaan media pembelajaran?
2.
Bagaimana kriteria dalam pemeliharaan
media pembelajaran?
3.
Apakah fungsi dalam pemeliharaan
media pembelajaran?
C. Tujuan Penulisan
1.
Untuk memenuhi salah satu tugas Mata
Kuliah ‘Media Pembelajaran PGSD’.
2.
Untuk mengetahui pemeliharaan media pembelajaran.
3.
Untuk mengetahui kriteria dalam
pemeliharaan media pembelajaran.
4.
Untuk mengetahui fungsi dalam
pemeliharaan media pembelajaran.
D. Manfaat
Penulisan
1.
Bagi penyusun makalah ini bermanfaat
sebagai bukti fisik telah melaksanakan tugas Mata Kuliah ‘Media Pembelajaran PGSD’.
2.
Bagi penyusun makalah ini bermanfaat
sebagai sarana untuk menambah pengetahuan tentang media pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A... Pemeliharaan
Media Pembelajaran
Media adalah perantara atau pengantar pesan dari
pengirim ke penerima pesan. Secara sederhana apa yang dimaksud dengan media
dapat dikelompokkan dalam dua pengertian. Pengertian pertama dikatakan bahwa
media adalah segala yang dapat digunakan untuk menyampaikan atau memperjelas
pesan pembelajaran, dan
pengertian yang kedua adalah media yang dirancang secara khusus untuk mencapai
tujuan atau kompetensi pembelajaran tertentu.
Penggunaan media secara rutin
membutuhkan pemeliharaan yang baik, pemeliharaan ini dilakukan sesuai dengan karakteristik media
dengan berbagai komponennya. Kriteria
pemeliharaan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai,
kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat
khasnya (karakteristik) media yang bersangkutan. Pemilihan media seyogyanya
tidak terlepas dari konteksnya bahwasanya media merupakan komponen dari sistem
instruksional secara keseluruhan. Karena itu, meskipun tujuan dan isinya sudah
diketahui, faktor-faktor lain seperti karakteristik siswa, strategi belajar
mengajar, organisasi kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur
penilaiannya harus dipertimbangkan.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai pemeliharaan beberapa media yang sering digunakan dalam
pembelajaran di sekolah, yakni:
1.
Media Berbasis Manusia
Media berbasis manusia merupakan
media tertua yang digunakan
untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Sistem ini tentu dapat menggabungkan dengan media visual lain.
untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Sistem ini tentu dapat menggabungkan dengan media visual lain.
2.
Media Grafis
Media grafis
sangat dipengaruhi oleh kelembaban udara yang dapat mengakibatkan pelapukan dan
pengotoran, oleh karenanya media ini harus:
ü Ditempatkan
pada ruangan yang kadar air dalam udaranya rendah, sejuk serta bebas dari debu.
ü Menempatkan
media pada tempat tertutup atau dibungkus dengan bahan plastik sehingga tidak
dimakan ngengat.
ü Sebaiknya
selalu tergantung pada tempat penyimpanan (tidak tertindih).
3.
Media Rekam
a.
Pita Magnetik
ü Ditempatkan
jauh dari bahan-bahan yang mengandung magnet.
ü Ditempatkan
pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk.
ü Menempatkannya
pada kotak pembungkus.
b.
Disket
ü Setelah
selesai digunakan selalu dibersihkan permukaannya dengan cairan pembersih.
ü Menempatkannya
pada kotak pembungkus.
ü Ditempatkan
pada tempat yang sejuk.
c.
Film
ü Menempatkannya
pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk.
ü Menempatkan
pada kotak penyimpanan.
d.
Flashdisk
ü Setelah
selesai digunakan selalu dibersihkan dengan antivirus.
ü Jika tidak
digunakan top cupnya harus selalu terpasang.
4.
Media Transparansi
ü Antar
transparansi harus diberi kertas pelapis
ü Ditempatkan
pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk
5.
Objek Fisik
ü Ditempatkan
pada rak yang jaraknya cukup jauh sehingga tidak bersentuhan.
ü ketika diangkat
dari tempat peletakannya.
ü Ditempatkan
pada ruangan yang sejuk.
ü Upayakan
catnya selalu terjaga.
6.
Media cetak
Materi pembelajaran berbasis cetakan yang paling umum
dikenal adalah buku teks, buku penuntun, jurnal, majalah, dan lembaran lepas.
ü Ditempatkan
pada rak dengan posisi tegak di ruangan yang sejuk
ü Pada rak
hendaknya diberi anti ngengat.
7.
Multimedia Projector
ü Dalam
menginstalasi projector sebelum digunakan, sebaiknya posisi projector dan
komputer (atau media lainnya) dalam keadaan mati, hindari pemasangan komputer
pada projector dalam keadaan menyala, atau juga sebaliknya. Kalau komputer yang
lebih dulu menyala, maka sebaiknya komputer di restart untuk kemudian dipasang
dan baru dinyalakan lagi.
ü Pada saat
mematikan projector, dapat menggunakan remote dengan menekan tombol on/off,
ditekan dua kali sehingga muncul pertanyaan turn off your projector? Kemudian
tekan, maka lampu akan mati.
ü Perhatian!
dalam mencabut saluran listrik dari projector,lampu projector harus sudah
berwarna merah, yang menunjukan siap untuk dimatikan (standby).Ingat dalam
keadaan aktif lampu indikator dalam projector berwarna hijau. Jangan
sekali-kali mencabut listrik sementara lampu masih menyala atau kipas blower
yang ada dalam projector masih aktif. Kesalahan dalam mematikan projector ini
akan berakibat putusnya lampu projector.
ü Lensa
projector yang berada di depan harus dalam keadaan bersih. Cara membersihkannya
dapat menggunakan bahan spon (kain lembut) yang tidak mengandung banyak lemak,
hindari sentuhan langsung dengan tangan tanpa diberi alas.
ü Untuk
menghindari lensa tidak cepat kotor atau terhindar dari benturan, maka
sebaiknya selain dalam keadaan digunakan tutup lensa dalam keadaan tertutup. Tutup lensa biasanya agak kurang diabaikan sebab
ukurannya kecil tetapi fungsinya cukup tinggi, maka untuk menghindari supaya
tutup lensa itu tidak hilang gunakanlah tali yang menghubungkan antara tutup
lensa dengan tali.
ü Pada setiap
LCD projector terdapat ventilasi udara yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi
udara yang keluar dan masuk. Sirkulasi
ini diatur oleh blower yang ada di dalam LCD. Oleh sebab itu, pastikan
ventilasi selalu dalam keadaan bersih dari kotoran atau debu dan juga biarkan
terbuka jangan ditutupi oleh apapun misalnya lakban, solasi dll.
ü Untuk
pengamanan saat membawa LCD, tidak sembarangan menggunakan tas, tetapi menggunakan tas yang didesain khusus sehingga
apabila terjadi benturan kondisi LCD dapat terjaga, tas yang baik untuk LCD
biasanya dilapisi dengan busa yang agak tebal.
ü Pada saat melipat
kabel LCD atau kabel komputer sebaiknya tidak terlalu menukik atau terlelu
berlipat, buatlah lipatan kabel agak besar. Cara melipat kabel ini akan mempengaruhi kekuatan
kabel, jika
lipatannya terlalu kecil maka serat yang ada di dalam kabel tersebut akan cepat
rusak bahkan bisa putus yang berakibat tidak normalnya kondisi LCD Projector
ü Kerusakan
LCD Projector pada umumnya sering terjadi diakibatkan karena mati listrik
secara mendadak pada saat projector sedang bekerja (menyala). Untuk mengatasinya sebaiknya koneksi listrik sebaiknya
menggunakan Stabilizer untuk menyimpan arus listrik sementara, sehingga apabila
listrik mati masih sempat untuk mematikan secara normal.
B. Fungsi
Pemeliharaan Media Pembelajaran
Kegunaan media dalam pembelajaran
adalah sebagai berikut :
1.
Media mampu memberikan rangsangan yang bervariasi dan mengurangi kecenderungan verbalis.
2.
Media dapat mengatasi keterbatasan
pengalaman yang dimiliki oleh siswa.
3.
Media dapat mengatasi keterbatasan
fisik dan lingkungan belajar (ruang kelas) :
a.
objek yang terlalu besar atau
terlalu kecil,
b.
gerakan-gerakan yang terlalu cepat atau lambat,
c.
objek yang terlalu kompleks, dan
d.
objek yang terlalu jauh atau sukar
dijangkau (geografis).
4.
Media memungkinkan adanya interaksi
langsung antara siswa dan
lingkungannya.
5.
Media menghasilkan keseragaman pengamatan
(menyatukan tanggapan).
6.
Media membangkitkan keinginan dan
minat baru.
7.
Media membangkitkan motivasi dan
merangsang untuk belajar.
8.
Media memberikan pengalaman yang
integral/ menyeluruh dari sesuatu yang kongkrit maupun abstrak.
9.
Media memberikan kesempatan kepada
pebelajar untuk belajar mandiri, pada tempat dan waktu serta kecepatan yang
ditentukan sendiri.
Dengan
kegunaan media pembelajaran tersebut, maka fungsi dari pemeliharaan media
pembelajaran sangat penting, agar media tersebut dapat digunakan dengan keadaan
yang baik. Suatu media yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal.
BAB
III
PENUTUP
A... Kesimpulan
Penggunaan media secara rutin
membutuhkan pemeliharaan yang baik, pemeliharaan ini dilakukan sesuai dengan karakteristik media
dengan berbagai komponennya. Kriteria
pemeliharaan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai,
kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat
khasnya (karakteristik) media yang bersangkutan. Pemilihan media seyogyanya
tidak terlepas dari konteksnya bahwasanya media merupakan komponen dari sistem
instruksional secara keseluruhan.
Dengan
kegunaan media pembelajaran yang kita ketahui, maka fungsi dari pemeliharaan
media pembelajaran sangat penting, agar media tersebut dapat digunakan dengan
keadaan yang baik. Suatu media yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang
maksimal.
Daftar
Pustaka
https://hrpnawiblog.wordpress.com/2013/04/03/penggunaan-dan-perawatan-media-pembelajaran/
http://blogevaluasin.blogspot.com/2014/06/prinsipfungsi-dan-kriteria-dalam.html
Hotel Casino Lake Tahoe - Mapyro
BalasHapusThe Lake Tahoe Hotel & Casino in Stateline 남양주 출장마사지 is an ideal spot for 원주 출장샵 exploring Lake Tahoe. The hotel is located 의정부 출장샵 on Stateline Road 김천 출장샵 just a few blocks 포항 출장마사지 from